Friday, September 24, 2004

Derita Blogger Pemula

Menyenangkan… Itu kata pertama yang ada dibenak ketika pertama kali membuat Blog di http://mrfu.blogspot.com/ dengan memakai fasilitasnya Blogger.

Heran dan membanggakan juga, wah … ternyata bisa juga punya web site pribadi dan nggak perlu belajar yang rumit-rumit tentang web design, HTML, PHP, Perl, dll.

Banyak ide-ide yang ingin di-sharing. Baik ide-ide bebas maupun ide pekerjaan di kantor. Saking senengnya akhirnya ide-ide kantor dikumpulin di Blog sendiri di http://kawasanberikat.blogger.com/

Tapi setelah mencoba mengutak-atik ke-dua blog ternyata lay outnya belum memuaskan, standar banget. Coba ganti setting-nya, ternyata nama Blog berubah dari http://mrfu.blogspot.com/ menjadi http://fuadm.blogspot.com. nah.. lho.. :)

Lay outnya tetap masih standar dan belum memuaskan.

Buka-buka arsip di maling list blogbugs dan bloggerians, belum juga ketemu jawaban yang pas.

Coba cari bantuan. Alhamdulillah ketemu artikelnya Enda Nasution berjudul “Panduan membuat Blog untuk orang biasa” di http://enda.goblogmedia.com/ tapi ternyata link-linknya nggak jalan.

Cari-cari lagi …. ketemu artikel yang sama di http://enda-aseli.tripod.com/ tapi yaa ampun lambat banget; kayak nggak mau loading di explorer. Sampai bermenit-menit nggak kebuka tuh…

Setelah googling …. eeee ketemu lagi judul yang sama di http://www.rayofshadow.or.id/panduanblog.htm . Nah yang ini baru bisa kebaca utuh.

Sehari semalam artikelnya Enda dibaca bolak-balik dan besoknya coba dipraktekin. Ternyata masih bingung juga :). Sepertinya artikelnya sudah lama ya, padahal dunia weblog terus melaju dengan kencang.

Coba baca help-nya blogger.com tapi dari sononya dipotong-potong sesuai sub sub bab / temanya. Padahal di warnet, loading masing-masing halaman masih lambat banget. Ngeselin emang kalo belum punya koneksi ke ISP sendiri.

Cari cara yang lain, ketemu http://www.blogdrive.com/. Terus browse blog-blognya orang Indonesia yang pakai blogdrive.com, ternyata keren-keren. Kayaknya lebih mudah ngedesainnya.

Saking semangatnya, bikin aja account di blogdrive.com. Bikin posting pertama dan ternyata sama juga. Masih meraba-raba gimana nih ngubah lay outnya, yang nggak standard.

Sebelum putus asa, stop aja dulu experimennya. Sambil mikir-mikir gimana nih caranya bikin blog yang cakep, unik, dan menarik. Dimana lagi cari artikel tentang membuat dan mengelola blog, terutama yang berbahasa Indonesia. Ada nggak sih ???

Dalam pencarian akhirnya ketemua juga jawabannya : Kayaknya perlu KESABARAN untuk mencapai keinginan membuat blog yang cakep dan unik. Prinsip “Alon alon waton kelakon” atau “perlahan tapi pasti” harus dipraktekin. Tetep juga harus BELAJAR web design atau HTML minimal. Klise memang, tapi apa boleh buat. Meskipun banyak yang serba instan, tapi untuk mendapatkan yang instan itu perlu belajar juga kan??

Buat para blogger senior, “we deadly need your help & guidance” kata para blogger pemula. :D

0 Comments: